Membuat Project Pertama Dengan Android Studio

Posted by

Puddak | Android merupakan sistem operasi berbasis mobile yang paling populer saat ini karena sifatnya yang open source alias gratis. Android sangat cepat perkembangannya bahkan tergolong super cepat sampai saat sudah tercatat jutaan orang menggunakan ponsel dengan sistem operasi yang berlogo Robot hijau ini. Itulah sedikit cerita dari admin tentang Android. sekarang ini admin akan coba memberikan tutorial cara membuat Project pertama dengan android studio dimana setelah membuat project ini teman teman dapat memulai membangun atau membuat aplikasi yang berbasis android. 

Pertama

Silahkan buka Android Studio teman teman kalau belum punya androi studio teman teman bisa baca artikel ini tutorial install android studio

Setelah terbuka android studionya silahkan pilih File - New - New Project seperti gambar di bawah ini.
Gambat 1.

 Mengisi nama aplikasi

  • Aplication name isi dengan nama aplikasi teman teman dengan di awali oleh huruf capital.
  • Company domain isi dengan nama teman teman huruf tidak boleh kapital.
  • Project location letakkan directory file di komputer teman teman.
Gambar 2.


Memilih Device Android

Pada step ini teman teman silahkan pilih device yang akan digunakan aplikasi Andoid, pada kali ini saya pilih Phone and Tablet Karena saya akan membuat aplikasi pada ponsel.

Gambar 3.

 Memilih Layout

Pada step Selanjutnya android studio akan menampilkan pilihan layout terdapat bermacam macam layout di situ tetapi untuk kali ini saya akan menggunakan blank_activity

Gambar4.

Memberi Nama Activity

Pada Step ini silahkan berikan nama pada masing masing directory Activity tapi saran saya lebih baik biarkan default seperti aslinya saja agar memudahkan kita dalam membuat aplikasi.

Gambar 5.

Setelah teman teman klik tombol finish kan terjadi proses selama beberapa menit dan akhirnya muncul jendela Project baru seperti di bawah ini.

Gambar 6.

Itulah folder directory Android Silahkan memulai membuat aplikasi androidnya semoga tutorial ini bermanfaat.

Untuk yang belum mengerti tentang struktur directory aplikasi android silahkan baca Mengenal Struktur Directory Aplikasi Android Terimah kasih.


Blog, Updated at: 09:44
Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment