Cara Agar Baterai Smartphone Anda Tidak Cepat Habis

Posted by

Puddak | Pada Jaman edan seperti sekarang ini siapasih yang tidak memiliki ponsel ?, dari kakek- kakek sampai anak -anak semuanya memiliki benda yang di anggap paling berguna di dunia ini. Pada kesempatan kali ini admin akan berikan sedikit informasi tentang cara menghemat baterai Smartphone kalian. Smartphone seperti Apple, BlackBerry, Samsung dan merek lainnya  sudah di lengkapi  dengan berbagai macam fitur untuk memanjakan konsumennya. Google Android, Nokia Symbian, iOS Apple, dll, memungkinkan pengguna untuk bermain game, mendengarkan MP3, memotret / selfie, akses internet dan bahkan video streaming.


sony


Tapi mengingat semua kemampuan dan multi-fungsi yang di miliki smartphone, maka tak heran jika baterai selalu menjadi perhatian bagi pengembang, produsen dan pengguna smartphone sendiri. Rata-rata, kebanyakan baterai smartphone mampu bertahan antara satu sampai dua hari sebelum akhirnya kita harus mengisi ulang. Oleh karena itu hal ini merupakan PR yang harus di kerjakan oleh para pengembang / produsen smartphone agar daya tahan baterai smartphone bisa lebih lama dari sebelumnya.

Jadi sambil menunggu para ilmuwan Smartphone mengembangkan daya tahan baterainya, ga ada  salahnya bapak-bapak ibu-ibu,,membaca artikel  ini. Kalo baterai smartphone anda masih awet maka rawatlah agar tidak cepat drop. Jika mau mencoba tips berikut :

Cara menghemat baterai smartphone anda



1. Kurangi Lama waktu layar menyala


Masih dalam pengaturan layar, jadi kurangi waktu layar dalam posisi hidup. Ini bertujuan berapa lama layar akan tetap menyala setelah handphone tidak di gunakan.

2. Nonaktifkan Getaran ( Disable Vibration)


Kebanyakan pengguna Handphone sering mengaktifkan profil silence jika berada di daerah2 tertentu, misalnya pada saat ada pertemuan agar mencegah tidak menimbulkan suara yang mengganggu. Oleh karena itu rata-rata pengguna handphone menonaktifkan nada dering dan mengaktifkan getaran.

Faktanya getaran lebih banyak memakan daya baterai ketimbang menggunakan nada dering. jadi saya sarankan nonaktifkan getar pada smartphone anda jika tidak di perlukan.

3. Matikan Jika Benar2 Tidak di perlukan


Meskipun HP dalam keadaan tidak terpakai tetapi ini masih memakan daya baterai. Jadi matikan smartphone anda, jika benar2 tidak di gunakan, misalnya ketika tidur, atau sedang rapat.

4. Kurangi Cahaya Layar


Tips ini sangat di anjurkan karena ini merupakan salah satu faktor yang paling berpengaruh ketika daya baterai anda cepat habis. Dengan layar terang maka lampu smarphone lebih menguras daya baterai. Jadi optimalkan pengaturan Brightness Smartphone anda.


5. Tutup Aplikasi yang Running


Multi Tasking merupakan kemampuan Smarphone pada umumnya,  Tetapi kemampuan ini yang dapat menguras daya baterai anda. jadi sering-seringlah menutup aplikasi yang terbuka ketika tidak di gunakan. Saya sarankan menggunakan aplikasi Advanced Task Killer yang bisa di download di Play Store .

6. Charge Baterai anda dengan Benar


Baterai pada smartphone biasanya ada dua jenis yaitu Lithium-ion (Li-Ion), dan baterai berbasis nikel: yaitu Nickel-Metal Hydride (NiMH) dan nikel-kadmium (NiCd). Baterai Lithium-ion (Li-Ion) lebih tahan lama di banding 2 jenis baterai di atas, akan tetapi jika tidak diisi dengan benar tetap saja cepat drop, jadi baca petunjuk penggunaannya biasanya di charge sampai berapa jam. !

7. Matikan Fitur GPS, Bluetooth, Wifi, 3G/4G


Salah satu aplikasi yang dapat menguras daya baterai anda adalah fitur GPS. Fitur ini memiliki kemampuan untuk mendeteksi lokasi anda. Dengan mengirimkan sinyal dari dan ke Satelit. Jadi matikan fitur ini jika benar2 kalian tidak memerlukannya.

Bagaimana kawan sudah dapat pencerahan tentang Cara Agar Baterai Smartphone Anda Tidak Cepat Habis, saya harap kawan -kawan sudah mengerti dan semoga bermanfaat.
 


Blog, Updated at: 10:27
Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment