Tips Agar Android Tidak Lemot

Posted by

Puddak | Meski merupakan system operasi terpopuler, Android bagi sekian banyak pihak dianggap kurang responsif dan kadang mengalami lag. Beruntung, system operasi Android bersifat terbuka sehingga dapat dilakukan pengaturan dan penyempurnaan agar sebuah smartphone berbasis Android terasa lebih mulus dalam menjalankan aplikasi di dalamnya.
Salah satu trik yang sanggup dilakukan untuk meminimalisir lag tersebut ternyata telah tersedia dalam hampir setiap smartphone Android. Untuk mengakses pengaturan tersebut juga tak dibutuhkan proses rooting dan mampu dilakukan dalam beberapa langkah sederhana saja tanpa perlu aplikasi dari pihak ketiga. Melalui tweak tersebut, sebuah smartphone Android baik versi lama maupun paling baru akan terasa lebih cepat dalam mengeksekusi sebuah perintah.

Untuk mengaktifkan feature tersebut, pengguna pertama kali perlu mengaktifkan opsi developer (Developer Options) di handset Android mereka. Opsi developer dapat diaktifkan dengan cara masuk ke bagian Pengaturan (Setting), selanjutnya masuk ke bagian Tentang (About), lalu masuk ke bagian Nomor bentukan (Build number) yang kadang-kadang terdapat di bagian Software Information (Informasi Software), Ketuk bagian Build Number sebanyak 7 kali maka menu Developer Options akan ditampilkan.
Setelah Opsi Developer aktif, pengguna perlu mencari bagian Skala animasi jendela (Window animation scale), Skala animasi transisi (Transition animation scale), dan Skala durasi animator (Animator animation scale). Ganti nilai di dalamnya jadi 0,5x atau lebih kecil (nilai standar 1x). Bila dijadikan 0,5x maka secara teoritis kecepatan proses dapat meningkat 2 kali lipat (1/0,5) sehingga secara umum piranti Android tersebut akan terasa lebih responsif tanpa lag.
demikian tutorial kali ini sangat udah bukan ? semoga bermanfaat.


Blog, Updated at: 08:07
Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment